Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Melalui LKMM-TD

Pembukaan oleh Pembawa Acara
Pembukaan oleh Pembawa Acara

Ketrampilan akademis saja tidak akan menjamin mahasiswa mempunyai bekal dalam menempuh dunia kerja nantinya. Kemampuan berorganisasi juga sangat perlu dikuasai mahasiswa, karena dunia kerja merupakan dunia manajemen manusia. Inilah yang melatar belakangi diadakannya Latihan Keterampilan Manajerial Mahasiswa Tingkat Dasar atau disingkat LKMM-TD oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Brawijaya.

LKMM adalah sebuah kegiatan yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan manajerial kepada mahasiswa untuk mengelola dan menjalankan organisasi. Acara LKMM ini dipandu oleh Dosen pembimbing dan Pemandu LKMM. Kegiatan yang berlasung pada 5,6 dan 10 mei 2018 di Ruang SG 1 ini diikuti 50 mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2016 dan 2017.

Pemberian Materi oleh Dosen
Pemberian Materi oleh Dosen

Hari pertama kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB dan selesai pukul 20.00 WIB, dibuka dengan materi mengenai Pola Pengembangan Kemahasiswaan (Polbangmawa) oleh Eko Andi Suryo, ST., MT., Ph. D, Dosen Teknik Sipil Universitas Brawijaya. Di materi ini para peserta mendapat pengetahuan mengenaisoftskill yang harus dikembangkan pada diri mahasiswa. Dilanjutkan materi kedua mengenai Analisis Kondisi Lingkungan oleh Kaprodi dan dosen Teknik Sipil Universitas Brawijaya, Dr. Eng. Indradi Wijatmiko, ST., M.Eng(Prac). Materi ketiga disampaikan oleh dosen manajemen konstruksi Teknik Sipil Universitas Brawijaya, Saifoe El Unas, ST., MT dengan materi Perencanaan Jadwal Kerja. Hari pertama kegiatan ditutup dengan materi mengenai Organisasi dan Kepanitiaan oleh Ketua HMS FT-UB, Akbar Pribadi dan Ketua LSO FORSIS, M. Faturrohman.

Pemberian Materi olle Pemandu LKMM
Pemberian Materi olle Pemandu LKMM

Materi mengenai Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OIK) dan Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus         (OMEK)membuka kegiatan di hari kedua LKMM-TD. Materi yang disampaikan oleh Pemandu LKMM ini sangat lah penting karena berguna dalam membuka wawasan dan mindset mahasiswa mengenaik organisasi-organisasi yang ada di kampus. Yang tak kalah penting dan menarik adalah materi kedua yaitu Kepemimpinan yang disampaikan oleh perwakilan dari BEM Teknik Universitas Brawijaya. Pada materi ini peserta mendapatkan pengetahuan dalam memimpin sebuah organisasi yang mana akan jadi bekal yang sangat baik bagi mahasiswa. Para peserta terlihat sangat antusias pada materi ketiga mengenai Komunikasi. Pada materi ini Pemandu memberikan materi dengan cara penyampaian yang unik yaitu melalui games-games

Pemberian games oleh pemandu
Pemberian games oleh pemandu

yang menyenangkan. Setelah ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan materi dari Dyah Anggraeni, SE mengenai Administrasi Keuangan. Hari kedua kegiatan ditutup setelah disampaikannya materi mengenai Administrasi dan Kesekretariatan oleh HMS FT-UB dan kegiatan pelatihan penyusunan Laporan Kegiatan yang dimbimbing Pemandu.

Di hari ketiga, materi dari Tito Haripradianto, ST., MT. ,mengenai Tolok Ukur Keberhasilan Kerja membuka kegiatan di hari terakhir LKMM-TD. Sebelum beralih ke materi kedua, diadakan coffe break untuk sejenak melepas lelah dan bercengkerama. Dilanjutkan dengan pelatihan Penerapan Pengendalian Konflik dan Pengambilan Keputusan yang dibimbing oleh Pemandu LKMM. Materi terakhir LKMM-TD mengenai Hakekat Motivasi disampaikan oleh Eko Andi Suryo, ST., MT., Ph. D. Kegiatan diakhiri dengan pemberian penghargaan bagi para peserta yang telah masuk sebagai nominasi. “Semoga LKMM-TD dapat menjadi wadah untuk pengembangan diri bagi Mahasiswa Teknik Sipil dan semoga peminat unutuk menjadi peserta selalu meningkat kedepannya. Diharapkan HMS dapat mengadakan kegiatan LKMM-TD ini secara rutin tiap tahunnya.” Begitulah harapan Kevin Raditya, ketua pelaksana LKMM-TD 2018. Memang kegiatan ini sangatlah positif dan dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan manajerial mahasiswa, semoga kegiatan ini memberikan dampak yang baik bagi Teknik Sipil Universitas Brawijaya kedepannya. (Arimurti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *